Pengabdian masyarakat: Pembuatan Sediaan Herbal Aromaterapi Dalam Manajemen Stress Selama Masa Pandemi Kepada Nasyiatul Aisyiyah Moyudan Yogyakarta

July 6, 2021, oleh: Admin Farmasi

Dunia saat ini sedang dilanda kasus corona virus. Di Indonesia kasus penderita corona virus mengalami peningkatan dari hari ke hari. Dengan perkembangan penularan corona virus yang begitu cepat bahkan di dunia, maka organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan virus corona sebagai kondisi pandemi. Kondisi pandemi ini sangat berpengaruh dalam perubahan tatanan kehidupan manusia. Salah satunya adalah dengan diberlakukannya social distancing. Tentunya hal ini memberikan dampak yang cukup besar bagi masyarakat. Stress merupakan salah satu dampak yang ditimbulkan dari diberlakukannya tatanan kehidupan baru setelah corona virus berkembang.

apt. Vella Lailli Damarwati, M.Farm selaku Dosen Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta tergerak untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan menggaet atau kerjasama dengan Nasyiatul Aisyisyah moyudan yang merupakan kelompok Organisasi Muhammadiyah dalam Pembuatan Sediaan Herbal Aromaterapi dalam manajemen stress pada saat masa pendemi. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 04 Juli 2021, pukul 09.00-12.00 WIB secara daring menggunakan platform Zoom. Hal ini sebagai suatu solusi atau penatalaksanaan untuk mengurangi stress salah satunya adalah dengan pemanfaatan bahan herbal yang disampaikan oleh apt. Rahmat A Hi Wahid, M.Farm yang merupakan dosen Farmasi Universitas PGRi Yogyakarta dan Ibu Sisilia Warassari sebagai owner natural Skincare dan pengiat Eco Soap.

Aromaterapi merupakan salah satu sediaan farmasi yang telah dikenal khasiatnya dapat memberikan efek relaksasi bagi tubuh sehingga membuat pikiran menjadi lebih jernih dan tubuh menjadi lebih rileks. Oleh karena itu, program pengabdian ini sangat diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pelatihan bagi anggota Nasyiatul Aisyisyah moyudan untuk dapat memanfaatkan bahan herbal menjadi bentuk sediaan yang dapat digunakan sebagai aromaterapi. Luaran yang dihasilkan adalah publikasi artikel di media massa, publikasi video di youtube, publikasi di seminar pengabdian masyarakat dan publikasi di prosiding atau jurnal pengabdian masyarakat.