Profil

VISI

Visi Prodi Pendidikan Farmasi adalah pada tahun 2035 menjadi Program Studi Farmasi di Indonesia yang mandiri, bertata kelola baik (good governance), unggul dan menghasilkan lulusan yang kompeten, kompetitif dalam ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya bidang kefarmasian, serta memiliki moral, etika keislaman, akhlak mulia dan berwawasan global.

MISI

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan akademik yang transparan dan akuntabel dengan sistem pembelajaran Problem Based Learning yang mengacu pada Kurikulum Pendidikan Tinggi sesuai Standar Kompetensi yang disusun oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI) dan Standar Kompetensi Apoteker Indonesia.
  2. Mengembangkan peserta didik agar menjadi lulusan yang berakhlak mulia, berwawasan global, dan berkemampuan tinggi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Mengembangkan ilmu kefarmasian melalui penelitian yang berkualitas dan bermanfaat dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan nilai-nilai keislaman.
  4. Menyebarluaskan ilmu kefarmasian dengan menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat untuk kemaslahatan umat.
  5. Menyelenggarakan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang saling menguntungkan dengan institusi baik di dalam negeri maupun di luar Negeri.
Visi dan Misi

Assalamu’alaikum warahmatullah wabaraktuhu
Selamat datang di website Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FKIK UMY). Program Studi Farmasi merupakan salah satu program studi termuda di lingkungan FKIK UMY.

Di usianya yang ke-10, Program Studi Farmasi FKIK UMY telah mendapatkan akreditasi B oleh Pengurus Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (PERKUMPULAN LAM-PTKes) Nomor : 0202/LAM-PTKes/Akr/Sar/IV/2019. Website ini menyediakan berbagai macam informasi mengenai Program Studi Farmasi FKIK UMY termasuk program studi, akademik, kurikulum, aktivitas penelitian, publikasi ilmiah, kemahasiswaan, perpustakaan, alumni, panduan mahasiswa baru, serta berbagai informasi dan pelayanan lainnya.

Para pengunjung website yang kami hormati, dalam perjalanan ke depan kami akan terus mencoba memberikan penampilan yang lebih komprehensif, juga besar harapan kami bahwa website ini dapat bermanfaat dan membantu bagi siapa saja yang membutuhkan informasi tentang Program Studi Faramsi FKIK UMY.

Yogyakarta, April 2020

Ketua Program Studi,

Sabtanti Harimurti, S.Si., M.Sc., Ph.D., Apt.

Sambutan Ketua Program Studi

Program Studi Farmasi FKIK UMY merupakan Pendidikan Sarjana Farmasi yang berdiri sejak tahun 2010. Ijin Penyelenggaraan Program Studi berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 98/D/O/2010 tanggal 9 Juli 2010.

Keunggulan

  • Pendidikan akademik mengacu pada Kurilkulum Berbasis Kompetensi dan yang pertama serta satu-satunya yang menggunakan metode pembelajaran Full Problem Based Learning (PBL).
  • Memiliki fasilitas unggulan berupa Mini apotek dan Mini instalasi farmasi rumah sakit yang berada didalam Mini Hospital FKIK UMY.
  • Integrated Islamic Curriculum.
  • Tutorial dan Plenary Discussion Program.
  • Soft Skill Program.
  • Early Clinical Exposure.

Perkuliahan akan berlangsung on campus, rumah sakit, apotek, industri obat, dan praktek di lapangan, juga akan dilengkapi dengan kegiatan praktikum, e-lab dan clinical skills (skill labs). Kegiatan yang lain adalah English Hours Activities, ajang peningkatan bahasa Inggris mahasiswa. Dilengkapi juga Hot Spot Area untuk akses intrenet gratis, Electronic Library untuk kemudahan akses perpustakaan. Minat utama Pendidikan Sarjana Farmasi adalah Farmasi Klinik dan Komunitas yang lebih menekankan pada aspek klinis dan Pharmaceutical Care.

Tujuan Pendidikan

Secara umum tujuan pendidikan program studi farmasi adalah :

  1. Menghasilkan lulusan yang berkompeten, berkualitas tinggi, profesional, dan islami dalam pelayanan farmasi klinik dan komunitas kepada masyarakat.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan ilmu kefarmasian berdasarkan nilai-nilai moral dan Islami.

Struktur Organisasi

Perpustakaan
Perpustakaan

Perpustakaan memiliki koleksi buku, jurnal akademis, dan dokumen penelitian yang ekstensif yang dapat mendukung mahasiswa untuk melakukan penelitian mutakhir dengan referensi yang komprehensif.

Laboratorium
Laboratorium

Merupakan pusat fasilitas Laboratorium Prodi Farmasi untuk menunjang berbagai macam kegiatan mahasiswa baik itu penelitian maupun uji bahan kimia.

Ruang Perkuliahan
Ruang Perkuliahan

Ruang kuliah yang digunakan mahasiswa Program Studi Farmasi dalam egiatan perkuliahan yang ditunjang beberapa fasilitas kenyamanan belajar seperti AC, LCD, Pengharum ruangan dan sound sistem.